Friday, April 24, 2020

4 Tips Mengatur Keuangan untuk Mengembalikan Dana Pinjaman Online


Suatu saat Anda mungkin akan membutuhkan dana yang cukup besar dalam yang waktu yang cepat. Ketika berada dalam kondisi seperti ini, Anda bisa memanfaatkan berbagai pinjaman online. Salah satunya adalah layanan pinjol cicilan ringan yang banyak tersedia saat ini tentu bisa menjadi solusi saat Anda membutuhkan dana dengan cepat. 

Namun Anda juga akan memiliki tuntutan untuk membayar pinjaman tersebut sesuai jangka waktu yang Anda sepakati. Agar proses pencicilan dana yang Anda pinjam bisa berjalan dengan lancar, berikut beberapa tips mengatur keuangan yang perlu Anda perhatikan. 

1. Pastikan dana pinjaman digunakan sesuai rencana

Ketika dana yang Anda pinjam dari layanan pinjaman online sudah cair, pastikan bahwa dana tersebut digunakan sesuai rencana Anda. Jangan menggunakan dana tersebut untuk hal-hal yang tidak diperlukan meskipun Anda beralasan hanya mengambil sedikit. Hal ini agar pinjaman dana yang Anda ajukan benar-benar termanfaatkan dengan baik sehingga tidak sia-sia dan Anda gunakan untuk hal-hal tidak penting. 

2. Catat semua pemasukan dan pengeluaran

Di bulan-bulan berikutnya setelah Anda mengajukan pinjaman online di perusahaan-perusahaan pinjaman online, mulailah untuk bijak dalam mengatur keuangan Anda. 

Salah satu cara yang bisa Anda lakukan yaitu dengan cara mencatat semua pemasukan serta pengeluaran keuangan Anda, bahkan hingga pengeluaran terkecil sekalipun. Dengan cara ini, Anda bisa mengecek keuangan Anda dan catatan tersebut juga bisa menjadi pengingat bagi Anda ketika sudah terlalu banyak pengeluaran. 

3. Memilih cicilan maksimal 30% gaji

Saat Anda memilih pinjaman online, pilihlah pinjol cicilan ringan yang memberikan banyak pilihan waktu serta besaran cicilan. Agar Anda tidak merasa kesulitan dalam melakukan kewajiban pembayaran Anda setiap bulannya, pilihlah cicilan bulanan dengan besaran maksimal 30% dari gaji atau penghasilan Anda. 

Dengan besaran cicilan maksimal ini, Anda masih bisa menyisakan gaji Anda sekitar 70% dan mengaturnya untuk kebutuhan hidup bulanan Anda. Jika Anda memilih cicilan yang terlalu besar, Anda mungkin bisa lebih cepat melunasi pinjaman tersebut namun Anda akan kesulitan mengatur keuangan untuk biaya hidup sehari-hari. 

4. Bayar pinjaman tepat waktu

Salah satu cara agar proses pinjaman dana dan pembayaran berjalan lancar adalah ketepatan waktu Anda membayar cicilan tersebut setiap bulannya. Jangan menunda-nunda untuk melakukan proses pembayaran jika Anda sudah menerima gaji atau penghasilan. 

Jika telat membayar, Anda bisa menambah bunga pinjaman yang nantinya akan memberatkan Anda. Maka, catatlah kapan tanggal pinjaman Anda jatuh tempo agar Anda tidak lupa untuk membayar cicilan tersebut. 

Itulah beberapa tips mengatur keuangan ketika Anda sudah mendapatkan dana dari pinjaman online https://www.cekaja.com/kredit/pinjaman-online/ atau di pinjol cicilan ringan lainnya. 

Semoga ulasan di atas bermanfaat, ya.  

0 comments:

Post a Comment