Tuesday, March 24, 2020

Tanya Dokter Urologi Mengenai Penyakit yang Ditanganinya


Dokter merupakan profesi yang dapat untuk mengatasi masalah medis dengan berbagai spesialis yang dipunyai. Salah satu spesialisasi dokter adalah dokter urologi yang mempelajari mengenai sistem saluran kemih atau urologi. Tanya dokter urologi bisa dilakukan untuk mengetahui penyakit yang diderita mengenali saluran kemih dan bisa dilakukan untuk wanita dan pria. Dokter spesialis ini mempunyai gelar Sp.U atau spesialis urologi dan perlu untuk melanjutkan pendidikan hingga 10 semester setelah dari dokter umum. Adapun untuk penyakit yang bisa ditangani oleh dokter spesialis urologi adalah pasien seperti berikut ini:

1. Pasien pria

Dokter urologi dapat untuk melakukan pemeriksaan pada pria yang berfokus untuk pemeriksaan kanker saluran kemih, masalah prostat seperti masalah pembesaran kelenjar prostat, penyakit ginjal, kelainan bentuk penis, infeksi saluran kemih, pembengkakan vena pada skrotum, disfungsi ereksi, dan berbagai penyakit lainnya. Dokter spesialis ini akan dapat untuk melakukan pemeriksaan secara intensif dan juga melakukan diagnosis yang bisa digunakan sebagai landasan untuk melakukan pengobatan dari jenis penyakit yang diderita oleh pasien pria.

2. Pasien wanita

Dokter urologi juga dapat untuk melakukan pemeriksaan dan penanganan terhadap penyakit saluran kemih yang menyerang wanita. Seperti misalnya beberapa penyakit yang dapat diderita yaitu prolaps kandung kemih, kanker yang dapat terjadi pada kandung kemih, ginjal, dan juga kelenjar adrenal. Pada pasien wanita, dokter urologi juga dapat menangani masalah penyakit batu ginjal, kandung kemih yang sangat aktif, infeksi yang terjadi pada saluran kemih, dan juga masalah inkontinensia urine yang biasanya dialami oleh orangtua.

3. Pada anak-anak

Selain pada orang dewasa, dokter urologi juga dapat menangani masalah penyakit kandung kemih pada anak-anak. Misalnya untuk gangguan saluran kemih yang dapat terjadi adalah yang bisa menyebabkan anak sering mengompol. Sehingga dengan mengatasi masalah tersebut nantinya juga akan dapat mengatasi masalah anak yang suka mengompol. Selain itu dokter urologi juga dapat untuk mengatasi masalah saluran kemih yang tersumbat atau bermasalah, hipospadia, epispadia, dan juga testis yang tidak turun pada anak-anak.

Sehingga bagi Anda yang mempunyai masalah saluran kemih bisa untuk memeriksakan diri pada dokter urologi. Kedokteran urologi sendiri juga mempunyai subspesialis sendiri yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan Anda. Misalnya saja untuk subspesialis dan masalah yang ditanganinya adalah sebagai berikut:

  1. Masalah infertilitas pada pria andourologi yang mengatasi masalah mengenai masalah kesuburan pada organ reproduksi pria.
  2. Urologi wanita mengatasi masalah kesehatan yang fokus pada gangguan saluran kemih yang terjadi pada wanita.
  3. Urologi pediatrik merupakan dokter urologi yang menangani masalah saluran kemih pada anak-anak.
  4. Neurologi yang mengatasi masalah saluran kemih karena gangguan sistem saraf.
  5. Onkologi urologi untuk menangani kanker ataupun tumor pada saluran kemih.
  6. Urologi rekonstruktif untuk fokus pada teknik pembedahan dan memperbaiki struktur serta fungsi saluran kemih.
  7. Endourologi yang menangani masalah gangguan yang terjadi pada saluran kemih.
Di atas merupakan penanganan yang dapat ditangani oleh dokter spesialis urologi. Sehingga Anda bisa untuk memilih yang sesuai dengan kebutuhan misalnya saja untuk wanita, pria, anak, dan juga berbagai hal lainnya. Sebelum berkunjung ke rumah sakit dan bertemu dokter urulogi, Anda juga dapat untuk tanya dokter urologi pada aplikasi Halodoc yang dapat mengarahkan pemeriksaan yang bisa dilakukan dengan mengetahui gejala yang dialami pasien.

0 comments:

Post a Comment