Thursday, August 1, 2019

Mengenal Lebih Dekat Tentang Jenis-jenis Lampu Sorot Mobil dan Fungsinya


Lampu yang terdapat pada kendaraan entah itu roda dua maupun empat memang memiliki fungsi yang sangat penting selain dijadikan sebagai aksesori atau penambah nilai estetika. Melainkan juga ada fungsi sebagai sarana pencahayaan di malam hari, atau sebagai sinyal, memberikan kode untuk pengguna jalan yang lainnya, untuk menghindari terjadinya kecelakaan. Jenisnya sendiri sangatlah banyak mulai diantaranya adalah headlamp, lampu kabut lampu sein hingga ada juga yang membekalkan lampu sorot mobil. Sehingga tidak heran ketika sudah mengalami kerusakan, maka pergantian untuk lampu ini saja bisa memakan cukup banyak biaya.

Di pasaran sendiri sebenarnya juga sudah banyak diantara toko-toko yang menyediakan produknya, sehingga jika nantinya konsumen ingin mengganti produk lampu yang lama dengan yang baru karena faktor kerusakan, maupun digunakan sebagai aksesoris modifikasi juga bisa. Hanya saja tentunya tidak boleh sembarangan di dalam memilih, karena produk yang sudah dijual ke pasaran tersebut sebenarnya juga tidak begitu menjamin kualitasnya, apalagi jika bukan produk yang ori dari pabrikan kendaraan tersebut.

Jenis Lampu Sorot Mobil

Berbicara mengenai lampu sorot yang umumnya dipasangkan pada kendaraan ini sendiri, sebenarnya produk tersebut memang telah dipakai sejak lama. Setidaknya lampu sorot ini terbagi atas 2 jenis berbeda, diantaranya adalah:

1. Low beam, dikenal juga sebagai lampu dekat, karena memang sinar tersebut akan menyorot ke bagian jalanan depan yang dilalui oleh pengguna kendaraan tersebut jarak dekat, setidaknya dengan jarak maksimal yaitu 5 meter saja. Sangat memudahkan di saat berkendara, apalagi ketika kondisi jalanan sudah cukup gelap, pada malam hari atau memasuki senja. Maka bisa menghidupkan lampu tersebut jika berkendara di jalanan yang cukup padat.

2. High beam, kebalikan dari low beam, ini adalah lampu yang sorotannya jarak jauh, yaitu bisa mencapai 10 meter. Untuk pemakaiannya sendiri sama dengan low beam, hanya saja ia memiliki intensitas cahaya yang lebih terang dan jauh sorotannya, sehingga bisa digunakan sebagai penerangan yang lebih optimal, apalagi dalam beberapa kondisi tertentu, namun karena jarak sorotan yang dihasilkan terlalu luas atau panjang dengan cahaya yang begitu tinggi menyilaukan, maka tidak bisa dipakai sembarangan, karena beresiko tinggi membahayakan pengguna jalan yang lain jika digunakan sembarangan.

Fungsi Lampu Sorot Mobil

Lalu apa sebenarnya fungsi lampu sorot ini pada kendaraan, berikut yang harus diketahui :

1. Digunakan untuk penerangan di saat gelap, fungsi utamanya adalah dipakai untuk menerangi jalanan, apalagi letaknya sendiri ada di bagian depan bergabung dengan headlamp yang lainnya, lampu ini digunakan ketika sudah memasuki senja atau malam hari, sehingga ada jaminan kenyamanan selama berkendara.

2. Untuk penerangan di jalan berkabut, meskipun tidak setajam sinar yang dikeluarkan oleh lampu kabut atau fog lamp, namun jenis lampu sorot jarak jauh atau yang dikenal juga sebagai high beam ini memang memiliki sinar yang lebih tajam jadi dapat digunakan untuk menembus kondisi jalanan yang berkabut, sehingga aktivitas berkendara akan lebih aman.

3. Kode yang diberikan untuk pengguna jalan yang lain, dengan menyalakan lampu ini, paling tidak nantinya pengendara lain juga akan tahu bahkan dalam kondisi gelap tersebut sebenarnya juga ada kendaraan Anda yang melintasi area sekitar, sehingga tidak sembarangan di dalam mengemudi.

Jadi jika seandainya lampu sorot mobil Anda mulai menunjukkan gejala masalah seperti tidak mau menyala secara optimal atau bahkan mati total, hendaknya langsung diganti yang baru.

0 comments:

Post a Comment