Saturday, May 25, 2019

Bayi Anda Batuk Berdahak? Inilah Cara Mengobati Batuk pada Bayi


Batuk pada bayi tidak hanya menyulitkan bagi bayi itu sendiri, tapi juga seringkali membuat orang tua khawatir dan cemas. Berbagai upaya pun akan dilakukan oleh orang tua agar anak bisa kembali sehat, terlebih dari batuk berdahak yang menyakitkan. Berikut ini ada beberapa cara mengobati batuk pada bayi:

1. Perbanyak Minum
Dahak yang ada dalam tenggorokan sangatlah mengganggu, baik pernapasan atau bisa menimbulkan rasa sakit saat batuk. Untuk itu, dahak harus diencerkan atau dikeluarkan. Salah satu cara untuk mengencerkan dahak yang kental adalah dengan memperbanyak minum agar nantinya dahak juga bisa keluar dengan mudah.

Apabila bayi masih berusia di bawah 1 tahun, akan lebih baik jika Anda memberikan lebih banyak cairan melalui ASI. Namun, jika anak sudah berusia 1 tahun, Anda bisa menyertakan air putih, sup, jus buah atau minuman lainnya sesuai dengan usia anak. Pastikan jika bayi sudah menerima makanan alternatif sebelum memberikannya. 

2. Istirahat yang Cukup
Beberapa orang mungkin bertanya-tanya, bukankah bayi hanya tidur dan berbaring saja? Mengapa mereka bisa lelah? Pada usia bayi, menangis atau menggerakkan tangan, kaki atau anggota tubuh yang lain, itu sudah sangat melelahkan sehingga baatuk yang dialaminya akan lebih lama sembuh.

Oleh kaerna itu, usahakan bayi memiliki waktu istiharat yang cukup untuk mengembalikan sistem imun agar lebih kuat untuk melawan infeksi penyebab batuk berdahak. Biasanya, bayi akan rewel atau susah tidur dalam kondisi ini sehingga Anda bisa menggendongnya lebih lama agar anak bisa tertidur dengan nyaman dan lama.

3. Menggunakan Tetesan Air Garam
Tetesan air garam juga bisa Anda gunakan sebagai cara mengobati batuk pada bayi. Anda bisa membuat sendiri larutan garam dan kemudian memberikannya menggunakan alat tetes khusus. Alat tetes ini bisa Anda temukan di apotek dan sudah digunakan banyak orang tua saat mengobati batuk pilek bayi di bawah 6 bulan. 

Teteskan air garam pada lubang hidung bayi menggunakan alat tetes khusus. Anda bisa menggunakan suntikan tanpa jarum untuk menyedot lendir atau dahak sebelum memberikan makan pada bayi agar memudahkan si kecil untuk menelannya. Cara ini mungkin akan membuat si kecil tidak nyaman sehingga Anda harus berhati-hati.

4. Menghangatkan Tubuh si Kecil dengan Minyak Kayu Putih atau Minyak Telon
Cara terakhir yang bisa Anda lakukan adalah mengoleskan minyak kayu putih atau minyak telon pada tubuh bayi, khususnya pada bagian dada, perut dan punggung. Minyak tersebut akan memberikan rasa hangat pada tubuh si kecil sehingga membantu mengeluarkan dahak lebih mudah, baik di paru-paru atau tenggorokan.

Namun, Anda perlu waspada dalam memberikan jenis minyak ini karena beberapa bayi mungkin mengalami alergi terhadap minyak tertentu. Oleh karena itu, ada baiknya Anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter.

Demikian beberapa cara mengobati batuk pada bayi dengan mengeluarkan dahak penyebab batuk dahaga. Untuk informasi lebih lengkap, Anda bisa mengunjungi Orami Magazine di orami.co.id.

0 comments:

Post a Comment