Thursday, April 11, 2019

Waspadai Penyebab Mata Bayi Belekan


Mengetahui penyebab mata bayi belekan akan membuat Anda bisa mengetahui langkah pengobatan yang harus dilakukan untuk mengatasinya. Selian itu, Anda juga bisa membuat langkah pencegahan. Berikut penyebab bayi Anda menderita belekan yang harus Anda ketahui.

Mengalami Iritasi Ringan
Perlu Anda ketahui, mata bayi juga bisa terkena iritasi. Iritasi ringan pada mata si kecil dapat terjadi ketika bayi menggosok matanya menggunakan tangan. Kotoran yang ada pada tangan bayi akan menyebabkan iritasi sehingga timbul belekan pada bayi.

Menderita Alergi
Mata belekan pada bayi bisa juga disebabkan karena si kecil mengalami alergi. Belekan karena alergi ini biasanya dibarengi dengan bersin-bersin dan hidung meler. Anda bisa menggunakan lap basah untuk membersihkan kotoran pada mata bayi.

Jika belekan ini disebabkan karena alergi, biasanya akan mereda dalam waktu yang singkat. Segera hubungi dokteri jika keluhan mata belekan pada bayi berlangsung dalam jangka waktu yang lama atau ketika belekan disertai dengan demam tinggi.

Infeksi Sinus
Jika bayi mengalami pilek disertai dengan kotoran mata yang memiliki warna kehijauan, maka kemnungkinan si kecil mengalami infeksi sinus. Kondisi seperti ini umumnya disertai dengan demam, hidung tersumbat, dan nyeri pada bagian bawah mata. Jika dalam beberapa hari kondisi bayi tidak kunjung membaik, sebaiknya segera bawa ke dokter.

Konjungtivitas karena Virus
Tanda mata bayi terkena virus bisa dilihat dari adanya kotoran berwarna putih atau jernih pada salah satu mata kemudia menyebar ke mata yang lain. Biasanya gejala tersebut disertai dengan masalah pernapasan atas. Anda bisa membersihkan mata bayi dengan rutin menggunakan perban steril sekali pakai sebagai langkah penanganan pertama kemudia periksakan bayi ke dokter.

Konjungtivitis karena Bakteri
Belekan juga bisa menjadi tanda bahwa mata si kecil terkena bakteri atau biasa disebut dengan konjungtivitis. Biasanya disertai dengan mata bengkak dan kemerahan kemudian kotoran mata berwarna kekuningan maupun kehijauan.

Saat Anda membersihkan mata bayi yang sedang mengalami belekan, sebaiknya gunakan perban steril sekali pakai untuk menghindari penularan infeksi bakteri. Infeksi pada satu mata bisa menyebar ke mata yang lain.

Saluran Air Mata yang Belum Terbentuk Sempurna
Saluran air mata pada bayi yang belum terbentuk sempurna merupakan penyebab paling umum bayi baru lahir mengalami mata belekan. Hal tersebut dikarenakan air mata tidak dapat keluar dengan baik sehingga tertahan di sudut mata kemudian menyebabkan mata belekan. Anda bisa memmberikan pijatan dengan lembut dengan ibu jari dari tepi mata ke hidung bagian bawah.

Itulah penyebab mata bayi belekan yang harus Anda ketahui agar bisa melakukan langkah pencegahan dan pengobatan yang tepat. Anda bisa membuka situs resmi Orami di www.orami.co.id untuk mendapatkan informasi mengenai kesehatan bayi dan dapatkan juga kebutuhan untuk bayi Anda di toko resmi Orami.

0 comments:

Post a Comment