Friday, March 8, 2019

Tips Menentukan Harga Sewa Rumah di Jakarta Pusat


Banyak orang datang ke Jakarta untuk mengadu nasib dan keuntungan. Mereka banyak yang tinggal di mess tempat kerja dan ada juga yang lebih memilih sewa kos atau rumah. Selain pekerja yang datang dari luar kota, banyak juga pasangan muda mudi yang sudah menikah memilih untuk sewa rumah. Mereka memilih hidup mandiri dibanding hidup ikut dengan mertua. Jika anda salah satu dari mereka yang saat ini sedang mencari sewa rumah, maka anda harus mencari info seputar sewa rumah bisa melalui cara online maupun offline. Namun jika anda adalah pemilik rumah atau property dan ingin menyewakan rumah maka anda harus tahu harga sewa rumah sekarang. Untuk mengetahui harga sewa rumah maka anda harus menghitung harga sewa atau biasa dikenal dengan nama cap rate. Biasanya harga sewa rumah diambil dari kisaran 3 hingga 5 persen pertahun dari harga sebenarnya. Jika rumah anda bernilai 100 juta maka harga sewa rumah 3juta hingga 5 juta pertahun. Selain itu anda juga bisa menentukan harga dengan rumus Harga Properti x Cap Rate (%) = Harga sewa dalam bentuk rupiah/ tahun.

Cara lainnya untuk menentukan harga sewa rumah adalah dengan memodifikasi atau meniru sewa rumah yang ada disekitar anda. Sewa yang ditiru juga harus menyesuaikan dengan bentuk, luas, besaran, dan juga umur bangunan. Jangan sampai harga rumah kecil disamakan dengan harga rumah yang besar. Untuk menentukan harga sewa rumah juga harus melihat seberapa lengkap fasilitas yang diberikan. Jika fasilitas di dalamnya sudah lengkap maka harga bisa dinaikkan. Sebelum perjanjian dengan penyewa ditanda tangani jangan lupa juga untuk membicarakan tentang biaya lainnya, seperti biaya air dan biaya listrik.

Bagi anda yang tinggal di kota besar seperti Jakarta Pusat, maka sewa rumah Jakarta Pusat bisa dijadikan pilihan yang baik untuk bisa tinggal di rumah yang tenang dan damai. Dan bagi anda yang memiliki property berupa rumah di Jakarta Pusat maka tidak ada salahnya menyewakan nya. Ada banyak orang dari luar kota yang bekerja disekitar Jakarta Pusat. Keberadaan rumah sewa di tempat ini pastinya banyak yang membutuhkan. Peluang ini sebaiknya anda manfaatkan, karena bisnis dalam bidang property sangat menggiurkan. Bisnis dalam bentuk property lebih menjanjikan dan mendapatkan untung yang besar.

Ada banyak keuntungan yang di dapat dengan memilih sewa rumah di kota besar seperti Jakarta Pusat. Kelebihan yang di dapatkan antara lain biaya transportasi lebih hemat. Di Jakarta Pusat anda akan dimanjakan dengan fasilitas umum yang saling berdekatan, dengan memilih sewa rumah di tempat ini maka anda dengan mudah bisa menjangkau tempat-tempat umum yang ada disekitar kita. Anda bisa pergi ke pusat perbelanjaan dengan mudah, pergi berolahraga di gym dengan mudah, dekat dengan perkantoran, sekolah, dan masih banyak lagi tempat umum lainnya. Jika dekat dengan tempat-tempat umum maka tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk transportasi.

Selain akses mudah kemana-mana, sewa rumah di Jakarta Pusat dapat dijadikan pilihan yang terbaik. Kehidupan kota yang penuh dengan hiruk pikuk dan keramaian membuat kita membutuhkan tempat yang sunyi untuk merenung. Dengan memilih rumah maka anda bisa bebas dari keramaian untuk sejenak. Kehidupan anda akan lebih tenang dibanding anda memilih sewa tempat lain seperti kos dan apartemen.

Jika rumah yang anda sewa memiliki lahan maka anda juga bisa berkreasi dengan bercocok tanam. Dengan melakukan cocok tanam maka anda akan lebih hidup tinggal di kota besar. Dan masih banyak lagi kelebihan lainnya yang bisa anda dapatkan melalui sewa rumah.

Ketika anda sudah mendapatkan penyewa rumah, ada beberapa hal yang harus anda sampaikan dan dibuat menjadi perjanjian antara penyewa dan pemilik. Pertama anda harus memberikan info terpercaya mengenai rumah yang akan disewa. Silahkan jelaskan secara detail kondisi rumah yang akan disewa kepada penyewa sehingga penyewa tertarik untuk sewa rumah. Jika sudah mendapatkan penyewa maka langkah selanjutnya adalah menjelaskan hal-hal apa saja yang menjadi tanggung jawab pemilik dan tanggung jawab penyewa. Kenali dan bahas juga biaya-biaya tambahan apa saja yang harus dibayar oleh pihak penyewa. Karena selain uang sewa rumah, biasanya ada juga biaya tambahan seperti biaya kebersihan atau sampah, biaya listrik dan biaya air. Di awal perjanjian harus benar-benar dibahas terlebih dahulu. Hal selanjutnya yang harus dibahas adalah peraturan yang berlaku yang harus dipatuhi oleh penyewa. Misal saja jenis kelamin berbeda dilarang untuk tinggal atau menginap di dalamnya, bisa juga berupa harus ijin ke RT jika ada tamu yang menginap, dan lain sebagainya. Jika semua hal sudah dibahas maka tinggal menandatangani isi perjanjian dan diberi materai.

0 comments:

Post a Comment